Bincang – Bincang Digital , Beri Gambaran Pemanfaatan Media Kreatif Bagi Generasi Milenial

Dinas Komunkasi dan Informatika Kabupaten Tuban, melalui Bidang Komunikasi Informasi Publik (KIP) menggelar Sarasehan “Bincang-Bincang Digital” dengan tema Pemanfaatan Konten Media Kreatif Bagi Generasi Milenial, di aula Dinas Pendidikan Tuban, Kamis (25/10).

Sarasehan yang diikuti sedikitnya 200 peserta dari unsur pelajar, mahasiswa, organisasi kepemudaan yang ada di Kabupaten Tuban tersebut menghadirkan pemateri Afrizal Rizkillah dari Relawan TIK Tuban dan M. Ali Ghifari dari SiberKreasi, Jakarta yang merupakan gerakan nasional literasi digital untuk menanggulangi ancaman potensi bahaya terbesar yang sedang dihadapi oleh Indonesia, yaitu penyebaran konten negatif melalui internet seperti hoax, cyberbullying dan online radicalism.

Ir. Hery Prasetyo S, MM, Kepala Dinas Kominfo Tuban saat membuka acara mengucapkan, pihaknya berterima kasih kepada peserta yang telah turut berpartisipasi pada acara sarasehan tersebut, baik yang hadir melalui undangan maupun yang mendaftarkan diri melalui sistem online.

Mantan Asisten Perekonomian dan Pembangunan Pemkab Tuban ini mengatakan, sebagaimana diketahui bersama, Diskominfo Tuban baru berusia 1,5 tahun ini atau belum genap 2 tahun. Dalam rangka mengembangkan program-programnya membuka lebar-lebar bekerjasama dengan siapa pun terkait pengembangan teknologi komunikasi dan informatika, termasuk di antaranya bekerjasama dengan Relawan TIK (Teknologi, Komunikasi dan Informasi) Kabupaten Tuban.

Lebih lanjut Hery menyatakan, diperlukan bincang-bincang yang enak, hangat dan santai untuk dikomunikasikan, selain dengan relawan TIK juga dengan tim Siberkreasi. “Era globalisasi ini menuntut perubahan yang sangat cepat di segala bidang, contoh kita tidak akan pernah menduga bahwa retail-retail yang ada di mall semakin berat bersaing dengan toko-toko online. Pemodal besar di sana bersaing dengan kita-kita yang hanya berjualan dari dalam rumah, tidak perlu ke kantor, hanya dari dalam kamar menyiapkan barang dan komunikasi. Inilah berubahan yang begitu cepat saat ini,” ucap Hery.

Alumnus UGM Yogyakarta ini juga berpendapat, berdasarkan pengamatan para ahli, sebenarnya yang terjadi saat ini merupakan prediksi 5 tahun yang akan datang. Jadi, kalau sekarang masyarakat sudah menjadi generasi yang sangat fasih menggunakan media sosial atau internet, atau bisa menguasai bisnis-bisnis berbasis internet pada industri, dalam hal ini industri kreatif, sebenarnya diprediksi oleh para ahli baru bisa dilakukan 5 tahun mendatang, namun sekarang sudah terjadi.

Jadi perubahan yang terjadi cepat di era globalisasi di semua aspek ini, lanjut Kadis Kominfo, sangat-sangat dipengaruhi oleh informasi dan teknologi, utamanya internet dan media sosial. Perubahan cepat ini akan mempengaruhi gaya hidup, termasuk sifat individual diri yang semakin hari semakin kentara.

Pihaknya berharap, melalui kesempatan bincang-bincang digital yang digelar Diskominfo. para peserta bisa mengikuti kegiatan hingga usai, dan jika perlu ada yang ingin dipertanyakan atau didiskusikan, dipersilakan untuk membahasnya bersama para narasumber, sehingga membawa kemanfaatan bagi para peserta dan Diskominfo, khususnya bagi masyarakat Kabupaten Tuban secara luas. (chusnul huda/hei)

Sumber : https://tubankab.go.id/entry/diskominfo-gelar-sarasehan-bincang-bincang-digital?fbclid=IwAR0p-TKpQHmcAinQSfF3roKHQa9PakKEj1Whf6erDVaBdDEb03pMTEZdCZo

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *