Sosialisasi Pemanfaatan Positif Internet Untuk Masyarakat Desa

Upaya mengampanyekan internet sehat terus dilakukan oleh Relawan Teknologi, Informasi dan Komunikasi (RTIK) Kabupaten Tuban kepada sejumlah desa yang ada di beberapa kecamatan di Kabupaten Tuban.

Kegiatan tersebut juga menggandeng mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas PGRI Ronggolawe (Unirow) Tuban yang diterjunkan di sejumlah desa pada Agustus hingga September ini.

Afrizal Rizkillah, Ketua Relawan TIK Tuban saat dikonfirmasi, Senin (14/08) mengatakan, kegiatan tersebut merupakan tindak lanjut program kegiatan pengurus untuk mensosialisasikan tentang internet sehat dan beberapa materi lainnya, serta ‘Taprose Temanku’ milik Dinas Kominfo Tuban.

“Langkah sosialisasi dari desa ke desa lebih efektif, selain untuk memperkenalkan Relawan TIK, masyarakat akan lebih tahu tentang manfaat internet secara positif dan kegunaan aplikasi Taprose Temanku,” ungkap pemuda asal Rengel tersebut.

Dirinya berkata, saat ini sudah ada sedikitnya 5 kecamatan yang menjadi sasaran sosialisasi.

“Kita tidak menutup diri jika memang ada kecamatan lain yang menginginkan sosialisasi seperti ini. Ini semua untuk mengedukasi masyarakat melek informasi dan mengetahui cara dan prosedur, serta penggunaan aplikasi Taprose Temanku secara benar,” imbuhnya.

Sementara itu, Andik Adi Suryanto pengurus RTIK bidang Sosialisasi dan Edukasi Masyarakat menambahkan, sinergitas antara RTIK dengan berbagai pihak memang sangat penting demi keberlangsungan program, di antaranya dengan para mahasiswa yang sedang melaksanakan KKN.

“Selain sosialisasi tersebut, kami juga mensosialisasikan tentang program 1 juta domain website dari Kementerian Kominfo yang diberikan secara gratis untuk UMKM, sekolah, pondok pesantren, desa, organisasi dan komunitas,” ungkap pria yang juga dosen tersebut.

Pria berkaca mata tersebut juga mengatakan, pihaknya siap melakukan pendampingan mulai dari proses pengurusan, pembuatan website, pelatihan, hingga proses jadi.

“Beberapa desa, sekolah, UMKM sudah online. Kita siap menjadi fasilitatornya,” terang pria yang juga fasilitator 1 juta domain gratis bersama Afrizal Rizkillah untuk wilayah Kabupaten Tuban dan sekitarnya. (chusnul huda/hei) 

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *