Profil Relawan TIK Tuban

VISI

Menjadikan Relawan TIK sebagai pribadi, sekaligus warga masyarakat unggulan, yang siap siaga mengemban misi sosial, kemasyarakatan dan kemanusiaan bagi pemberdayaan masyarakat melalui pemanfaatan/penguasaan keterampilan teknologi informasi dan komunikasi untuk kemaslahatan masyarakat dan kemajuan bangsa

MISI

  1. Internal (mikro) menyiapkan anggota dalam penguasaan pengetahuan, sikap dan keterampilan individual maupun kerjasama kelompok guna menyelenggarakan tugas-tugas edukasi sosial, pemberdayaan maupun kegiatan insidental.
  2. Organisasional (meso) menjadikan Relawan TIK sebagai sebagai satuan yang mampu bereaksi cerdas, tanggap, bergerak cepat serta bertindak cermat dalam menjalankan tugasnya.
  3. Nasional (makro) berkontribusi dan partisipasi dalam berbagai kegiatan pembangunan, kemasyarakatan serta berperan dalam tugas kemanusiaan, dengan cara mengoptimalkan pemanfaatan TIK bagi kemaslahatan masyarakat dan kemajuan bangsa Indonesia.

LATAR BELAKANG BERDIRINYA RELAWAN TIK

Sejak tahun 2008, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo), sudah berfkir bahwa untuk mencapai Visi Masyarakat Informasi Indonesia, pemerintah tidak dapat berjalan sendirian. Perlu dibangun sinergi diantara para pemangku kepentingan sehingga dapat bekerja sama mencapai visi tersebut. Oleh karena itu Bapak Bambang Soeprijanto, Direktur Pemberdayaan Telematika Kemkominfo pada saat itu,menginisiasi beberapa pertemuan yang bertujuan untuk membuat suatu organisasi masyarakat yang dapat berjalan beriringan dengan pemerintah,melakukan edukasi kepada masyarakat agar dapat memanfaatkan TIK sebagai salah satu alat untuk dapat memberdayakan ekonomi. Beberapa pertemuan dilaksanakan sejak tahun 2009 sampai 2010 yang dihadiri berbagai pihak seperti pemerintahan,pengusaha, mahasiswa, akademisi, penggiat TIK dan beragam komunitas lainnya dari berbagai daerah di Indonesia tersebut,akhirnya muncullah sebuah gagasan untuk membentuk organisasi Relawan TIK.

Pada tahun 2011, Ibu Mariam F.Barata sebagai Direktur Pemberdayaan Informatika Kemkominfo, melanjutkan kebijakan untuk mendorong diadakannya pertemuan yang lebih besar dalam bentuk Forum Komunikasi, Koordinasi, Kolaborasi Dan Kerjasama Komunitas TIK (FK5T) Tingkat Nasional sekaligus penetapan pembentukan organisasi Relawan TIK yang dihadiri oleh beragam elemen yang telah hadir pada pertemuan sebelumnya, maupun pihak lain yang mendorong terbentuknya organisasi ini. Akhirnya, pada tanggal 4 Juli 2011, dengan disaksikan Direktur Jenderal Aplikasi Informatika Kemkominfo, Bpk Ashwin Sasongko, ditetapkan pembentukan organisasi Relawan TIK Indonesia, yang dilanjutkan dengan Musyawarah Nasional yang pertama.

Pada bulan April 2012, diselenggarakan Munas Relawan TIK Indonesia yang kedua sekaligus pemilihan kepengurusan untuk masa bakti 2012-2015. Saat ini Relawan TIK Indonesia sudah memiliki Akta Pendirian berdasarkan Akte Notaris Benediktus Andy Widyanto, SH,No.23 tanggal 28 September 2012.

KERJASAMA

Kami memiliki Sumber Daya Manusia yang berkompeten di bidang Internet,  Security Website, Software Engineering, Active Learning using ICT, Knowledge Management, Mobile Programming, Multimedia & Communication, Project Based Learning, E-Learning System, Web Design & Programming, SEO Engine,  E-Commerce, E-Busines, Online Journalism (Blogging).

Kami mengajak kerjasama instansi maupun perusahaan yang ingin mengadakan Seminar memperkenalkan manfaat IT dalam membatu kegiatan sehari-hari contoh bagi para guru sekolah atau dosen sebagai media untuk menyampaikan materi ajar.

Kami juga menyediakan Workshop memberikan pelatihan dan pencerahan serta kompetisi TIK dan pengenalan internet sehat untuk siswa SMP/MTS, SMA/SMK/MA.

Kontak Person Kerjasama :

Email : info@rtiktuban.or.id

HP : 085708179865