Para Guru Ikuti Pelatihan Media Kreatif Pembelajaran

Tubankab – Sebanyak 63 guru tingkat TK-SMA/SMK/MA di Kabupaten Tuban mengikuti pelatihan media kreatif yang diadakan oleh Pusat Belajar Guru (PBG) Tuban dan difasilitasi oleh Relawan Tekhnologi Informasi Komunikasi (TIK) Kabupaten Tuban yang digelar di ruang Banyu Urip PBG Tuban, Selasa (11/04).

Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan kreativitas para guru dalam proses belajar mengajar. Dengan pelatihan ini, diharapkan para guru dapat memanfaatkan TIK dalam pembelajaran di sekolah masing-masing, supaya suasana pembelajaran tidak monoton dan lebih menyenangkan.

Selamet, perwakilan RTIK dalam sambutannya menjelaskan bahwa saat ini perkembangan teknologi bisa dimanfaatkan untuk menunjang proses belajar-mengajar, selain itu juga dapat digunakan sebagai media promosi gratis untuk branding sekolah masing-masing di media sosial.
“Hari ini fokus pelatihan lebih ditekankan kepada konten video. Jadi para guru hari ini diajari cara pengambilan video yang bagus, editing, hingga proses publikasi supaya video yang dibuat dapat dilihat oleh banyak orang,” jelasnya.

Sementara itu, salah satu pemateri Khairun Ni’am menjelaskan, video sekarang ini menjadi media yang paling banyak diminati oleh masyarakat. Jadi, bisa menjadi daya tarik tersendiri dalam proses pembelajaran di era digital saat ini.

“Hari ini kami bimbing para peserta pelatihan supaya bisa membuat video yang kreatif melalui desktop, maupun smartphone untuk menunjang media pembelajaran di sekolah yang lebih menyenangkan,” ungkapnya.

Pelatihan ini berlangsung dengan sangat meriah dan menyenangkan. Terbukti, para peserta yang hadir sangat antusias mengikuti pelatihan.

Salah satu peserta pelatihan, Kuntiani, guru SDN Sugihan II, Kabupaten Tuban mengaku bahwa sangat senang mengikuti pelatihan yang diadakan hari ini.

“Ini pelatihan yang paling saya tunggu-tunggu, karena saya sangat sadar pentingnya mengembangkan kemampuan saya sebagai seorang pendidik supaya pembelajaran juga semakin mengikuti perkembangan jaman yang ada,” ujarnya.

Acara ini merupakan rangkaian program pengelolaan PBG berkelanjutan yang diprakasai oleh ExxonMobil Cepu Limited sebagai bentuk komitmen EMCL dalam mengembangkan pendidikan di wilayah Bojonegoro-Tuban. (nul/hei)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *