Cara Konversi File Outlook (.pst) ke thunderbird (.mbox) dengan PST Converter

Selamat pagi sahabat RTIK, untuk berbagi pengalaman mengenai email client. Aplikasi email client banyak sekali namanya diantaranya yang populer adalah MS Outlook dan Mozila Thunderbird. Pada dasarnya MS. Outlook adalah software berbayar, sedangkan Mozila thunderbird adalah software free yang pastinya update software selalu ada ya..

Kasus

Kasus yang saya alami adalah saya menggunakan MS Outlook untuk backup email secara offline dengan  total aun email berjumlah 139 akun email yang saya pasang di MS. Outlook. (sistem backup seperti ini saya lakukan karena keterbatasan akses ke server email). Dari banyak akun tersebut rata-rata file per akun berukuran 4 GB dan ada beberapa yang lebih dari 10GB. Permasalahan yang saya alami adalah dengan banyak akun tersebut dan besarnya file size per akun proses ketika melakukan pencarian email lama dan berat dan sering terjadilah not responding dan restart aplikasi.  Pada akhirnya saya mendapatkan saran dari teman di forum untuk mencoba pakai thunderbird.

Penyelesaian

Berbicara pindah aplikasi yang pastinya format file juga berbeda. Untuk outlook file email berextention .pst sedangkan untuk thunderbird .mbox. Yang jelas thunderbird tidak dapat membaca langsung file .pst Outlook. Untuk mengatasi hal tersebut perlu dilakukan konversi dari .pst ke .mbox dengan tool PST Converter dapat di download disini.

Rule proses konversi

  1. Pastikan file outlook .pst sudah ada
  2. Pastikan aplikasi email client mozila thunderbird sudah terinstall
  3. Buat email di mozila thunderbird dengan login akun yang akan di konversi
  4. Setelah akun aktif di thunderbird lakukan pemindahan data filenya ke tempat lain yang mudah untuk diakses semisal di D:/datathunderbird
  5. Install aplikasi PST converter yang dapat di download disini
  6. Setelah install, lakukan proses konversi dari .pst ke .mbox
  7. Pada hasil konversi dari program PST Converter cari file inbox.mbox dan rename jadi inbox kemudian copy dan paste dan timpa ke lokasi data email thunder bird (kalau di contoh D:/datathunderbird)
  8. Setelah itu buka kembali software thunderbird dan lihat hasilnya email sudah terbaca.

Petunjuk video nya

 

Jika ada yang kurang sesuai jangan sungkan untuk di koreksi ya.
Semoga bermanfaat
Salam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *